calender ucizZ

lapisan bulan

Diposting oleh astronomi

Teori Ilmiah Tentang Asal Usul Sejarah Terbentuknya Bulan
Banyak teori yang menjelaskan tentang asal usul terbentuknya bulan, namun tidak semuanya dapat diterima. Untuk dapat diterima, setiap teori yang menjelaskan asal usul Bulan harus menjelaskan fakta-fakta berikut:

Kepadatan bulan rendah (3,3 g / cc) menunjukkan bahwa bulan tidak memiliki inti besi besar seperti Bumi.
Batuan Bulan memiliki sedikit zat volatile (misalnya air), yang berarti pembakaran ekstra dari permukaan bulan relatif terhadap Bumi.
Kelimpahan relatif dari isotop oksigen di Bumi dan di Bulan yang identik, yang menunjukkan bahwa Bumi dan Bulan terbentuk pada jarak yang sama dari Matahari.


Berbagai teori telah diusulkan untuk pembentukan Bulan. Di bawah teori ini terdaftar bersama dengan alasannya:

Teori Fisi: Teori ini mengusulkan bahwa Bulan pernah bagian dari bumi dan entah bagaimana terpisah dari bumi pada awal sejarah tata surya. Cekungan Samudra Pasifik ini adalah bukti yang paling populer untuk bagian bumi yang hilang. Teori ini didasarkan karena komposisi Bulan menyerupai mantel bumi dan Bumi yang berputar cepat bisa membuang lapisan luar bulan. Namun, sistem Bumi-Bulan tidak menunjukkan adanya petunjuk tentang putaran cepat tersebut.
Teori Capture: Teori ini mengusulkan bahwa Bulan terbentuk di tempat lain dalam tata surya, dan kemudian ditangkap oleh medan gravitasi bumi. komposisi kimia yang berbeda Bulan ini dapat dijelaskan jika terbentuk di tempat lain dalam tata surya, namun, menangkap ke orbit Bulan sangat tidak mungkin. Sesuatu harus memperlambatnya hanya dengan jumlah yang tepat pada waktu yang tepat, dan ilmuwan enggan untuk percaya pada teori ini.
Teori Kondensasi: Teori ini mengusulkan bahwa Bulan dan Bumi kental secara individual dari nebula yang membentuk tata surya, dengan Bulan terbentuk di orbit sekitar Bumi. Namun, jika Bulan terbentuk di sekitar Bumi maka ia harus memiliki komposisi hampir sama dengan bumi. Secara khusus, harus memiliki inti besi yang signifikan, tapi ternyata tidak.


Ada satu teori yang masih harus dibahas, dan diterima secara luas hari ini.

The Giant impactor Theory (The Ejected Ring Theory)

artist's drawing of body hitting young earth to form our moon

Teori ini menyatakan bahwa planetesimal (atau planet kecil) ukuran Mars menghantam Bumi sesaat setelah pembentukan tata surya, mendepak besar volume material dipanaskan dari lapisan luar kedua benda. Sebuah piringan yang berisikan materi penyusun mulai terbentuk berputar, dan hal ini akhirnya terjebak bersama-sama untuk membentuk bulan di orbit sekitar Bumi. Teori ini dapat menjelaskan mengapa Bulan sebagian besar terbuat dari batu dan bagaimana batu itu terlalu panas. Selanjutnya, kita lihat bukti di banyak tempat di tata surya yang tabrakan seperti itu umum terlambat dalam tahap pembentukan tata surya. Hal itu terjadi pada 4.45 miliar tahun yang lalu, saat bumi masih muda dan permukaan bumi tidak sepadat sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

Free Earth Cursors at www.totallyfreecursors.com