calender ucizZ

roket luar angkasa terbesar

Diposkan oleh astronomi

5 Roket Luar Angkasa Terbesar yang Pernah Diciptakan

Oleh: Galih Pakuan
[UNIKNYA.COM]: Teknologi roket luar angkasa berkembang pesat saat ini, keinginan manusia untuk menciptakan sistem yang menyokong kehidupan manusia di bumu agar lebih baik memacu para ilmuwan dan insinyur untuk berlomba-lomba menciptakan roket terbaiknya. Mesin roket dikembangkan dengan cara melakukan banyak uji coba, seperti halnya aksi-reaksi, sehingga tak pelak kegagalan adalah hal yang wajar walaupun menghabiskan biaya besar. Berikut adalah 5 roket luar angkasa yang pernah diciptakan:


1. Proton

Proton (Sumber: mostinterestingfacts.com)

Roket Proton ini diluncurkan pada tahun 1965 dan sistem luncurnya masih digunakan hingga tahun 2009,  serta merupakan roket sekaligus sistem luncur tersukses dalam menembus gaya gravitasi di dalam sejarah Keluar-angkasaan. Roket ini memiliki ukuran tinggi 53m.

2. Falcon 9

Falcon 9 (Sumber: mostinterestingfacts.com)

Falcon  9 memiliki dua bagian yang dapat digunakan untuk mengorbit; bagian minyak dan cairan oksigen sebagai daya untuk meluncur ke angkasa, roket ini dibuat oleh Space. Roket ini diluncurkan pada tahun 2009, memiliki ukuran  tinggi 178 kaki.

3. H-IIB

H-IIB (Sumber: mostinterestingfacts.com)

Roket H-IIB merupakan sebuah roket yang berbahan bakar cairan, dibuat di Jepang yang menyediakan sistem peluncuran dengan tujuan utamanya meluncurkan H-II Transfer Vehicle (HTV) bagi Internasional Space Station (ISS). Memiliki ukuran tinggi 56 m.

4. Space Shuttle

Space shuttle (sumber: mostinterestingfacts.com,uniknya.com)

Roket ini merupakan salah satu yang terhebat, karena memiliki mesin dan sistem yang terbaik. Dibuat di Amerika, Shuttle digunakan untuk mengirimkan penumpang manusia ataupun barang ke luar angkasa dengan ukuran medium dan dioperasikan oleh tujuh orang awak. Bagaimanapun juga, penghitungan yang baik dalam desain, uji coba, kontruksi, dan hitungan minimal resiko.

5. Ariane 5

Ariane 5 (Sumber: mostinterestingfacts.com,uniknya.com)

Peluncuran dan penerbangan pertama Ariane 5 pernah gagal di tahun 1996, akibat sistem penghancuran diri setelah mengudara selama 37 detik, dikarenakan kegagalan pada peranti lunak kendalinya. Roket ini memiliki sistem komputerisasi termahal di dalam sejarah dunia. Roket ini memiliki tinggi 193m. (**)

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Earth Cursors at www.totallyfreecursors.com